Infolinks In Text Ads

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang sangat besar

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang sangat besar ysng terdiri dari beragam jenis suku, bahasa dan agama. Pada tahun 2003 penduduk Indonesia sudah berjumlah 219.900.000 jiwa dan diperkirakan proyeksi taahun 2010 akan menjadi 237.711.000 jiwa.

Jumlah penduduk yang padat dengan kemajuan IPTEK merupakan salaha satu faktor Indonesia mengalami kecenderungan terhadap situasi kegawatdaruratan. Kasus kecelakaan di Indonesia tahun 2003 tercatat 24.692 dengan korban meninggal 9. 856 jiwa (Profil Kesehatan Indonesia).

Kasus kecelakaan lalu lintas umumnya sangat rentan mengalami trauma/fraktur. Kondisi kegawatdaruratan yang perlu diantisipasi adalah kejadian syok hipovolemik yang merupakan efek langsung dari perdarahan yang mengakibatkan tubuh kekurangan volume darah..

Sebelum pembahasan lanjut perlu diketahui definisi atau pengertian dari fraktur serta kondisi kegawatdaruratan dari fraktur tersebut. Fraktur adalah hilangnya kontinuitas tulang, tulang rawan sendi, tulang rawan epifisis, baik yang bersifat total maupun yang parsial. Fraktur diartikaan juga sebagai kondisi terputusnya kontinuitas tulang dan ditentukan sesuai jenis dan luasnya.

Kondisi kegawatdaruratan pada fraktur dapat terjadi syok hipovolumik karenadanya perdarahan banyak. Syok tersebut merupakan kondisi kegagalan sirkulasi perifer dengan perfusi jaringan yang tidak adekuat.

0 comments:

Posting Komentar