Infolinks In Text Ads

Insiden dan Etiologi Batu ginjal

Penyakit batu saluran kemih menyebar di seluruh dunia dengan perbedaan di negara berkembang banyak ditemukan batu buli-buli sedangkan di negara maju lebih banyak dijumpai batu saluran kemih bagian atas (gunjal dan ureter), perbedaan ini dipengaruhi status gizi dan mobilitas aktivitas sehari-hari.

Angka prevalensi rata-rata di seluruh dunia adalah 1-12 % penduduk menderita batu saluran kemih. Penyebab terbentuknya batu saluran kemih diduga berhubungan dengan gangguan aliran urine, gangguan metabolik, infeksi saluran kemih, dehidrasi dan keadaan-keadaan lain yang masih belum terungkap (idiopatik)

Secara epidemiologis, terdapat beberapa faktor yang mempermudah terjadinya batu saluran kemih yang dibedakan sebagai faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik.

    Faktor Intrinsik, meliputi:
        Herediter; diduga dapat diturunkan dari generasi ke generasi.
        Umur; paling sering didapatkan pada usia 30-50 tahun
        Jenis kelamin; jumlah pasien pria 3 kali lebih banyak dibanding pasien wanita.
    Faktor Ekstrinsik, meliputi:
        Geografi; pada beberapa daerah menunjukkan angka kejadian yang lebih tinggi daripada daerah lain sehingga dikenal sebagai daerah stone belt (sabuk batu)
        Iklim dan temperatur
        Asupan air; kurangnya asupan air dan tingginya kadar mineral kalsium dapat meningkatkan insiden batu saluran kemih.
        Diet; diet tinggi purin, oksalat dan kalsium mempermudah terjadinya batu saluran kemih.
        Pekerjaan; penyakit ini sering dijumpai pada orang yang pekerjaannya banyak duduk atau kurang aktivitas fisik (sedentary life).

0 comments:

Posting Komentar