Infolinks In Text Ads

PATOFISIOLOGI Kanker colon

PATOFISIOLOGI CA / CANCER / KANKER / KARSINOMA / TUMOR COLON

Tumor terjadi ditempat yang berada dalam colon mengikuti kira-kira pada bagian (Sthrock, 1991):

    26 % pada caecum dan ascending colon
    10 % pada transfersum colon
    15 % pada desending colon
    20 % pada sigmoid colon
    30 % pada rectum

Gambar dibawah ini menggambarkan terjadinya kanker pada sigmoid dan colon kanan dan mengurangi timbulnya penyakit pada rektum dalam waktu 30 tahun (Sthrock).

Karsinoma Colon sebagian besar menghasilkan adenomatus polip. Biasanya tumor ini tumbuh tidak terdeteksi sampai gejala-gejala muncul secara berlahan dan tampak membahayakan. Penyakit ini menyebar dalam beberapa metode. Tumor mungkin menyebar dalam tempat tertentu pada lapisan dalam di perut,mencapai serosa dan mesenterik fat. Kemudian tumor mulai melekat pada organ yang ada disekitarnya, kemudian meluas kedalam lumen pada usus besar atau menyebar ke limpa atau pada sistem sirkulasi. Sistem sirkulasi ini langsung masuk dari tumor utama melewati pembuluh darah pada usus besar melalui limpa, setelah sel tumor masuk pada sistem sirkulasi,biasanya sel bergerak menuju liver.

Tempat yang kedua adalah tempat yang jauh kemudian metastase ke paru-paru. Tempat metastase yang lain termasuk :

    Kelenjar Adrenalin
    Ginjal
    Kulit
    Tulang
    Otak

Penambahan untuk infeksi secara langsung dan menyebar melalui limpa dan sistem sirkulasi tumor colon juga dapat menyebar pada bagian peritonial sebelum pembedahan tumor belum dilakukan. Penyebaran terjadi ketika tumor dihilangkan dan sel kanker dari tumor pecah menuju ke rongga peritonial.

0 comments:

Posting Komentar