Infolinks In Text Ads

Pengertian DEMAM TIFOID

TENTANG DEMAM TIFOID

Sampai saat ini demam tifoid masih merupakan problem kesehatan masyarakat di negara berkembang seperti Indonesia. Data WHO tahun 2003 memperkirakan terdapat 17 juta kasus demam tifoid di seluruh dunia dengan insidensi 600.000 kasus kematian per tahun.

Demam tifoid disebabkan oleh Salmonella typhi, merupakan bakteri batang gram negative. Spektrum klinis demam tifoid tidak khas dan sangat lebar, dari asimtomatik atau yang ringan berupa panas disertai diare yang mudah disembuhkan sampai dengan bentuk klinis yang berat baik berupa gejala sistemik panas tinggi, gejala septic yang lain, ensefalopati atau timbul komplikasi gastrointestinal berupa perforasi usus atau perdarahan.


Diagnosis demam tifoid secara klinis seringkali tidak tepat karena tidak ditemukannya gejala klinis spesifik atau didapatkan gejala yang sama pada beberapa penyakit lain seperti dengue, malaria atau leptospirosis, terutama pada minggu pertama sakit. Hal ini menunjukkan perlunya pemeriksaan penunjang laboratorium untuk konfirmasi penegakan diagnosis.

0 comments:

Posting Komentar