Infolinks In Text Ads

Survey Tentang Pelayanan Keperawatan Lansia Oleh Perawat di Wilayah Kerja Puskesmas Aeng Towa Kec Galesong Utara Kab. Takalar

Suatu hal yang perlu diperhatikan pada lansia adalah bahwa sebahagian besar dari mereka keadaannya kurang berdaya, baik secara fisik, mental, sosial dan finansial. Oleh karena itu para lansia menghadapi berbagai keterbatasan, dan mereka membutuhkan bantuan dalam mencapai rasa tenteram, nyaman, serta perlakuan yang layak dari lingkungannya.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pelayanan keperawatan lansia oleh perawat di Wilayah kerja Puskesmas Aeng Towa Kec. Galesong Utara Kab. Takalar.
Jenis desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Survey deskriptif dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 13 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisoner. Penelitian dilakukan di Puskesmas Aeng Towa Kec. Galesong Utara Kab. Takalar pada bulan November 2008. Data diolah dengan menggunakan SPSS 12,0 yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.

Hasil dari penelitian ini, diperoleh gambaran bahwa pelayanan kesehatan pada lansia yang bersifat promotif dan pencegahan dini dan pengobatan sudah baik namun pelayanan kesehatan lansia yang bersifat preventif dan rehabilitatif masih belum maksimal dilaksanakan di Puskesmas Aeng Towa Kec. Galesong Utara Kab. Takalar.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diharapkan kepada petugas kesehatan setempat untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal bagi lansia guna meningkatkan usia harapan hidup dan menikmati hidup sejahtera di tuanya.

0 comments:

Posting Komentar